Jumat, 02 Oktober 2009

Jadi Pengusaha ? Siapa Takut !

Siapa saja pengusaha di Indonesia? Aburidzal Bakrie, Erwin Aksa, Peter F. Sondakh, Ciputra dan masih banyak lagi. Mereka adalah orang yang mapan di segala hal, baik modal maupun pengetahuan bisnis. Bagaimana dengan pengusaha online di Indonesia? Sebut saja, Tonton Taufik, Badroni Yuzirman, Nukman Luthfie mereka adalah contoh-contoh orang yang memiliki perusahaan beromzet ratusan juta hingga milyaran rupiah per bulan dan yang lebih mengejutkan, mereka mengumpulkan kekayaan, membangun perusahaan, serta mencari pembeli melalui internet, jadi mereka dapat dianggap 100% pengusaha online, walaupun kini memiliki kantor ataupun toko tetap.

Bagaimana langkah-langkah menjadi pengusaha online? Sebelumnya, kita harus melihat bagaimana pengusaha dapat mengembangkan usahanya hingga menjadi sukses besar, contoh Pak Tonton Taufik, seorang pengusaha di bidang furniture yang berhasil menjadi kaya berkat internet. Yang beliau lakukan adalah, menciptakan branding atas nama perusahaan dan produk yang dijual melalui Search Engine Optimization (SEO), sehingga RattandLand.Com berhasil menempati posisi 1 di Google untuk pencarian Rattan Furniture, ini adalah langkah awal keberhasilannya.

Dari cerita di atas, dapat diambil kesimpulan, SEO adalah kunci dari kesuksesannya. Beberapa langkah di bawah ini yang harus disiapkan untuk memulai jadi pengusaha online.

    1. Tentukan Produk yang akan dijual
    2. Pilihlah nama Domain yang tepat seolah-olah nama Perusahaan anda
    3. Pilihlah Hosting yang Tepat
    4. Disarankan Install CMS Wordpress
    5. Install Theme yang SEO Friendly
    6. Install beberapa Plugin SEO, dan
    7. Berpromosi

Penjelasan:
1. Tentukan Produk yang akan dijual

Hal ini sangat menentukan metode promosi dan teknik SEO yang akan anda implementasikan, sebaiknya anda memilih 1 jenis produk untuk keperluan fokus, sebagai contoh anda menjual TV Plasma Samsung, Kamera Nikon atau Antivirus Kaspersky.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang di atas terlebih dahulu, melainkan anda menjadi broker dengan cara menjual produk dari Amazon.Com.

2. Pilihlah nama Domain yang tepat seolah-olah nama Perusahaan anda

Tentunya sebagai calon pengusaha, anda harus sudah mempunyai nama perusahaan yang anda idam-idamkan, cobalah untuk memilih nama domain sesuai dengan nama perusahaan yang anda inginkan, sebagai contoh www.bambosiplasma.com.

Nama domain yang berhubungan dengan produk yang anda jual juga sangat bagus, contohnya buyplasma.com lcdsamsung.com namun nama bambosiplasma.com lebih mengedepankan unsur idealism anda, dan hal itu akan mempengaruhi semangat anda dalam mengembangkan usaha anda, karena seolah-olah anda sedang berusaha mengembangkan perusahaan anda.

3. Pilihlah Hosting yang Tepat

Untuk poin nomor 3, yang perlu diingat adalah, gunakan hosting dalam negeri untuk target dalam negeri dan gunakan hosting luar negeri untuk target seluruh dunia (Berdasarkan percakapan dengan Cosaaranda).

4. Disarankan Install CMS Wordpress

Ini adalah CMS yang paling SEO Friendly

5. Install Theme yang SEO Friendly

Theme SEO Friendly adalah theme yang memenuhi unsur-unsur dalam SEO, seperti penggunaan Heading yang benar (H1, H2, H3), adanya Meta Description di dalamnya, caranya melihat adalah dengan mengklik link Editor Theme pada Account Wordpress anda.

6. Install beberapa Plugin SEO

Ada banyak plugin yang mendukung teknik SEO anda seperti All in One SEO Pack, Google XML Sitemaps, Socialize It Pro, WP-PageNavi dan lain sebagainya.

7. Berpromosi

Manfaatkanlah semua media promosi gratis yang anda, atau apabila memiliki sedikit dana, cobalah promosi premium atau promosi berbayar.

Jika dilihat, tiap poin memiliki peran yang berbeda namun saling mendukung. Tidak ada alasan untuk tidak bisa meluangkan waktu 1 jam per hari hanya untuk memuat artikel tentang produk yang anda pasarkan, baik itu berupa review, berupa kumpulan gambar, ataupun cerita pengalaman saat menggunakan. Hal ini sangat membantu proses implementasi SEO dan cobalah bersabar hingga 6 bulan, karena bukan tidak mungkin, andalah Milyarder berikutnya.

Dengan demikian, anda sudah memiliki perusahaan bertaraf International. Janganlah takut untuk bersaing secara global, karena ada jutaan pembeli yang sedang mencari produk yang anda pasarkan, sehingga anda pasti kebagian jatah.


Source : http://www.bambosi.com/business/jadi-pengusaha-siapa-takut

Tidak ada komentar: